Pentingnya Peran Wanita Dalam Keuangan Keluarga



Nofita.com-Dalam sebuah keluarga, wanita menyadari kalau dirinya memiliki peran penting untuk mengurus dan mendidik anak serta mengurus suami dan segala hal yang berhubungan dengan rumah tangga. Ada pemikiran lain yang kurang tepat yang mengatakan bahwa pria adalah pihak yang memiliki peranan penting dalam keuangan keluarga.,perlu ibu ketahui kalau wanita justru memiliki kemampuan dan peran yang besar dalam mengatur keuangan keluarga, tidak hanya pria, karena Ibu yang tahu apa kebutuhan yang diperlukan anak dan suami. 
Sebagai seorang ibu, kita harus pintar dalam mengatur keuangan keluarga demi meningkatkan taraf hidup keluarga dan menjauhkan keluarga dari masalah keuangan. Karena tidak dapat dipungkiri pada zaman modern ini, keadaan keuangan memberikan pengaruh terhadap kebahagiaan sebuah rumah tangga. Oleh karena itu,  Kalau Ibu bingung harus mulai dari mana, yuk, mari kita sama-sama belajar mengelola keuangan keluarga.
1. Bekerja Sama dengan Suami dalam Mengelola Keuangan dan saling terbuka
Sebagai bagian dari rumah tangga, Ibu tidak sendirian, loh. Ibu memiliki suami yang juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keadaan keuangan keluarga. Oleh karena itu, kedua belah pihak harus selalu terbuka atas pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Jika terjadi masalah seperti lilitan utang, maka suami dan istri dapat menyelesaikannya secara bersama. Dalam mencari solusi masalah, dua kepala tentunya lebih baik dari pada satu. Selain memiliki tabungan pribadi, pasangan suami istri juga perlu membuat tabungan dan investasi bersama yang tentunya berguna untuk masa depan anak dan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga.
2. First Thing First
Sebaiknya ibu menahan diri dulu, mengutamakan kebutuhan keluarga terlebih dahulu daripada belanja ini itu di awal bulan. Ibu adalah pihak yang mengerti apa yang dibutuhkan anak dan apa yang dibutuhkan suami dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut telah terpenuhi, maka segalanya akan menjadi lebih mudah karena Ibu dapat memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Agar Ibu dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga hingga akhir bulan, sebaiknya Ibu membuat skala prioritas. Sebagai langkah awal, pastikan Ibu dapat membedakan kebutuhan dan keinginan
3. Disiplin Menabung dan Berinvestasi
‘Menabung pangkal kaya’ pepatah itu benar loh, Menabung dilakukan tidak hanya untuk kebutuhan saat ini, namun juga untuk kepentingan di masa depan. Pada umumnya, wanita memiliki sifat lebih teliti dalam detail. Kelebihan inilah yang menjadikan Ibu memegang peranan penting dalam mengelola keuangan keluarga. Agar keseimbangan keuangan rumah tangga dapat selalu terjaga, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, Ibu harus pandai menyisihkan pendapatan untuk ditabung dan diinvestasikan. Sukses yah :)

Sumber: ibubercahaya.com

Related

Family 7086051822108787841

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Hot in week

Comments

item